Si Kancil Lomba lari

Kancil Yang Sombong

Anekadongeng.com | Si Kancil Lomba lari. Angin yang berhembus semilir-semilir membuat penghuni hutan mengantuk. Begitu juga dengan Si Kancil. Untuk menghilangkan rasa kantuknya kancil berjalan-jalan di hutan dengan congkak dan membusungkan dadanya. Kemudian sambil berjalan ia berkata, “Siapa di hutan ini yang tidak kenal Kancil. Si pintar, si cerdik dan si pemberani. Setiap masalah pasti selesai olehku”.

Ketika tiba di sungai, untuk menghilangkan rasa hausnya ia segera minum dengan lahab nya. Airnya begitu jernih sehingga  membuat Kancil bisa berkaca. Ia berkata-kata sendirian. “Harimau,Buaya, Gajah, semuanya adalah binatang yang bodoh, setiap kali berhadapan denganku, mereka semua  dapat aku tipu”.


Si Kancil tidak sadar bahwa sudah sejak lama di perhatikan oleh seekor Siput yang sedang beristihat di atas bongkahan batu yang besar. Kemudian Siput berkata, “Hei Kancil jelek, kenapa kamu berbicara sendirian. Ada apa? Kamu sedang bergembira?”. Kancil mencari-cari sumber suara itu. Akhirnya ia menemukan letak Si Siput. “Rupanya sudah lama kau  memperhatikanku ya?”.

Siput yang kecil dan imut-imut. Eh bukan!. “Kamu memang kecil tapi tidak imut, tetapi  jelek  seperti kotoran ayam”. Ujar Si Kancil. Siput terkejut mendengar ucapan Si Kancil yang telah menghina dan membuatnya jengkel. Lalu Siputpun berkata, “Hai Kancil yang sombong!, kalau kamu memang cerdik dan pemberani  aku tantang kamu untuk lomba lari adu  cepat”.

26 Likes

Author: wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *