Sigarlaki dan Limbat

Asal-usul

Anekadongeng.com | Sigarlaki dan Limbat adalah sebuah dongeng  dari daerah Tondano Sulawesi Utara.Pada Zaman dahulu hiduplah seorang pemburu yang sangat terkenal dan handal dalam mendapatkan buruan yang bernama Sigarlaki. Di tangannya tidak ada seekor binatang buruan pun yang bisa lepas dari sergapan dan lemparan tombak dari Sigarlaki..

Sigarlaki mempunyai satu orang pelayan yang bernama Limbat. Limbat ini sangat setia, dan selalu mendampingi kemanapun Sigarlaki berburu. Semua pekerjaan yang di berikan kepadanya selalu di selesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan.

Pada suatu hari, Sigarlaki akan berangkat berburu ke hutan, maka di ajaklah si Limbat untuk menemaninya. Setelah sampai di hutan, dengan tatapan mata yang tajam Sigarlaki mencari binatang buruannya. Tetapi, pada hari itu merupakan hari yang kurang beruntung bagi mereka berdua, semua binatang seakan-akan enggan keluar dari sarangnya. Tidak ada seekor binatang pun  yang terlihat oleh mata Sigarlaki.

Di dalam hati Sigarlaki berucap,“Ke mana perginya semua binatang itu? Apakah mereka tahu kalau aku akan datang berburu sehingga tidak ada yang berani keluar dari sarangnya.

Pandangan Sigarlaki terus melihat sekeliling hutan. Tetapi, tetap saja tidak ada hasilnyal. Hanya binatang-binatang kecil yang terlihat, tetapi tidak layak di buru. Hari mulai senja dan mataharipun mulai turun. Tetapi, Sigarlaki tidak mendapatkan satupun hasil burruan. Sigarlaki pun merasa kesal, dan ia kembali ke rumahnya dengan perasaan kecewa, karena pulang tanpa membawa hasil.

Pekerjaan berburu bagi Sigarlaki sangatlah menyenangkan, dan sekaligus sebagai mata pencahariannya.Karena, dari hasil berburunya bisa menjadi sumber makan sehari-hari. Dan apabila hasilnya banyak, dagingnya juga bisa di jual.

18 Likes

Author: wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *