Ande – Ande Lumut

Kerajaan Jenggala

Anekadongeng.com | Ande – Ande Lumut. Alkisah di daerah Jawa Timur, Indonesia, berdirilah dua buah Kerajaan kembar yaitu Kerajaan Jenggala yang di pimpin oleh Raja Jayengnegara dan Kerajaan Kediri yang di pimpin oleh Raja Jayengrana. Menurut cerita, dahulunya kedua kerajaan tersebut berada dalam satu wilayah yang bernama Kahuripan.

Sesuai dengan pesan Airlangga sebelum meninggal, kedua kerajaan tersebut harus di satukan kembali melalui suatu ikatan pernikahan. Untuk menghindari terjadinya peperangan di antara mereka, Akhimya, Panji Asmarabangun (putra Jayengnegara) di nikahkan dengan Sekartaji (Putri Jayengrana).

Pada suatu ketika, Kerajaan Jenggala tiba-tiba di serang oleh kerajaan musuh. Di saat pertempuran sengit berlangsung, Putri Dewi Sekartaji melarikan diri dan bersembunyi ke sebuah desa yang jauh dari Jenggala. Untuk menjaga keselamatan jiwanya, ia menyamar sebagai gadis kampung dan berbakti kepada seorang janda yang kaya raya bernama Nyai Intan.

Nyai Intan mempunyai tiga orang putri yang cantik dan genit. Mereka adalah Kleting Abang (sulung). Kleting ljo, dan Kleting Biru (bungsu) Oleh Nyai Intan, Dewi Sekartaji di angkat menjadi anak dan di beri nama Kleting Kuning.

Di rumah Nyai Intan, Kleting Kuning selalu di suruh mengerjakan seluruh pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, dan membersihkan rumah. la yang sering di bentak oleh Nyai Intan dan di perlakukan tidak senonoh oleh ketiga kakak angkatnya. Bahkan, ia terkadang di beri makan sehari satu kali oleh ibu angkatnya.

Sementara itu, di Kerajaan Jenggala. Panji Asmarabangun bersama pasukannya berhasil memukul mundur pasukan musuh. Namun, ia sangat sedih karena istrinya telah pergi meninggalkan istana Jenggala dan tidak di tahui keberadaannya.

Setelah keadaan di Kerajaan Jenggala kembali tenang dan aman, sang Pangeran memutuskan untuk mencari istrinya. Namun sebelum itu, ia memerintahkan beberapa pengawalnya untuk mencari jejak kepergian istrinya. Suatu sore, ketika ia sedang duduk di pendopo istana datanglah seorang pengawalnya untuk menyampaikan laporannya.

33 Likes

Author: wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *